Ads 468x60px

Sabtu, 12 November 2011

Menonitoring Bandwidth melalui Konsole / Terminal

Mungkin kata-kata monitoring bandwith sudah tidak asing lagi di dengar dan tools yang di pakai pun bermacam-macam juga, ada yang via interface gui dan ada yang melalui hitam-putih ( Konsole ), saya membaca artikel-artikel tentang jaringan dan tidak sengaja menemukan beberapa tools lagi untuk memonitoring jaringan, bagai anda yang berprofesi sebagai admin mungkin ini bisa sangat membantu sekali, sebagai contoh saya install di Backtrack 5, tapi ini cocok untuk jenis Linux yang lainnya.

1. bwm-ng
Tool ini sangat simple dan cukup sederhana dalam segi tampilannya. Berikut cara mengistall nya.



setelah terinstal, jalankan dengan mengetikkan perintah






2. tcptrack
Dengan tcptrack ini kita dapat melihat bandwidth yang digunakan oleh tiap client ip. Dengan tool ini kita dapat mensorting pengguna bandwidth paling besar ke yang paling kecil, sehingga yang menggunakan bandwidth paling besar dapat diketahui. Namun tool ini juga masih tergolong sederhana karena dia mencatat secara total bandwidth total (upload/download) yang digunakan oleh tiap klien. Untuk intalasinya sebagai berikut :




Jalankan dengan mengetikkan perintah






3. iptraf
Tool ini merupakan tool yang paling lengkap dari yang sebelumnya diatas, karena banyak yang dapat dilakukan dengan tool ini, semua feature yang ditawarkan pada tool sebelumnya dapat ditemukan pada tool ini. Sehingga cukup menginstall tool ini dapat melakukan 3 hal yang dapat dilakukan pada tool sebelumnya diatas.




Jalankan dengan mengetikkan perintah



sumber: LinuxIndonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar