Ads 468x60px

Selasa, 25 Desember 2012

Bahasa Alay


kalo menurut gw sendiri kaum alay atau pengguna bahasa alay hanya membuat pusing membacanya dan memuakan untuk di liat karna norak. biasanya kaum alay itu anak" labil yang ingin gaul tapi ga kesampean.

Dunia semakin gila dengan kata atau Bahasa Alay (Ciyus Miapah),  jaman sekarang ada sedikit kata yang unik langsung populer, jadi dalam tugas kali ini saya akan membahas bahasa alay

Contoh bahasa alay:

Ciyus : Serius 
Miapah : Demi Apa
Cungguh : Sungguh
Binun : Bingung
Akoh : Aku
Cemungudh : Semangat
Gudnyus : Good News
Masya : Masak
Lahacia : Rahasia
Amaca : Ah masa
Kiyim : Kirim
Ca oong ciih : Masa bohong sih
Ma capah : Sama Siapa
Maacih : Makasih
Macama : Sama-sama
Enelan : Beneran



Tidak ada definisi pasti tentang apa dan siapa itu alay. Alay merupakan kata yang tercipta di saat sekarang sehingga tidak akan ada di kamus besar bahasa Indonesia. Saya tidak tahu secara pasti darimana asal kata alay itu. Alay sejauh yang saya tahu muncul pertama kali dan disebarluaskan oleh salah satu forum di dunia maya. Menurut saya alay tercipta dari kalangan-kalangan menengah atas, yang dalam hal ini adalah pengguna internet dan bukan tercipta dari kalangan kelas bawah.
Sejauh sepengamatan saya, orang-orang menyebut alay pada orang-orang yang bertingkah laku norak yang kebanyakan adalah remaja kalangan menengah kebawah. Tingkah laku norak ini antara lain:

Mengetik dengan pemilihan huruf dan format yang tidak wajar,
  • Mengganti-ganti huruf dengan karakter lain misalnya, huruf “i” diganti dengan “1″ atau “!”, huruf “e” diganti “3″ dsb
  • Menggunakan huruf besar kecil, yang acak, ga sesuai dengan eyd yang benar, misalnya “nAMa sAyA bLa bla bLa….”
  • Mengganti hurup dengan hurup laen agar terlihat lebih imut, misalnya “sayang” menjadi “cayaank”, “maaf” menjadi “muuph”, dsb
  • Menulis dengan bahasa inggris tapi dengan ejaan yang sudah dimodifikasi supaya lebih imut. misalnya “love” menjadi “loppphh”, dsb
Kalau yang ini saya rasa harus diperangi. Mereka hanya akan merusak bahasa indonesia saja nantinya. Bagaimana bahasa Indonesia bisa populer di negaranya sendiri kalau bahasa pergaulan anak mudanya seperti itu. Cara penulisan alay seperti ini hanya memiliki segi negatif, membuat orang yang membaca “sakit mata”, dan harus berjuang ekstra keras hanya untuk memahami bacaannya.


Kabar gembira bagi penggemar budaya Alay.Kini eksistensi Alay di muka bumi telah diakui dunia. Secara resmiWikipedia Indonesia dan Inggris mencantumkan definisi kata Alay. Lantas,apa artiAlay menurut Wikipedia.

.
Mungkin kata-kata terakhir dari saya adalah, baik untuk kaum “alay” maupun “non-alay”;
saling menghargaitoleransi dan jangan merasa paling benar.

http://alaytranslator.freeiz.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar