Ads 468x60px

Kamis, 05 Januari 2012

Overclock Galaxy Mini


Do With your Own Risk


Saya mau share cara overclock Galaxy Mini. Pertama baca keterangannya : 



Apa Itu Root, Flash Custom Rom, & Kernel



CUSTOM ROM

Sebenarnya orang sering bilang custom rom itu menurut saya sedikit membingungkan. rom itu sendiri kan = read only memory. Data-data yang ada di read only memory itu merupakan data-data sistem operasi. jadi ketika orang menyebutkan custom rom, sebenarnya itu merupakan modified os untuk Android yang di develop oleh kalangan publik secara bebas. mengapa bisa begitu? ya karena android itu open source. sehingga setiap individu dapat dengan bebas memodifikasi sistem operasi android itu sendiri. DHD sudah banyak yang mendevelop os nya.
coba sobat gundaria cek di sini : 


ROOT

Nah setelah itu kita coba mengenal root itu sendiri. Root itu semacam hak akses tertinggi di dalam sistem android. ketika kita pertama kali menggunakan handset android yg baru beli dari toko, kita belum mendapatkan hak akses tersebut. kalo di windows, istilahnya kita hanya sebagai guest, belum jadi administrator. nah apa gunanya kita melakukan root untuk mendapatkan hak akses tertinggi? ok begini, seandainya kita punya komputer baru. sudah kita instal windows. namun kita cuman bisa masuk dan mengakses sebagai guest saja. bagaimana rasanya? hal itu sama rasanya ketika menggunakan Android tanpa di-root. banyak aplikasi-aplikasi penting seperti titanium backup untuk membackup data, shoot me & drocap untuk print screen halaman, setCPU untuk mengatur clock cpu, dll yang tidak dapat dijalankan. tentu rasanya kita ini dibatasi kan? padahal OS kita ini open source. jadi kalo Android ga di root, itu rasanya seperti bukan Android. hehe.. root itu merupakan gerbang awal dari “permainan” berikutnya. permainan di sini merupakan istilah saat kita flashing custom rom / OS, kita overclock cpu, ganti kernel bawaan, semuanya gerbangnya dari root itu. tanpa root, kita ga bisa melakukan hal2 tersebut.


KERNEL

Untuk kernel, kernel itu merupakan sistem inti yang menjadi jantung dari sistem operasi. operasi2 yang dijalankan oleh os, itu diproses oleh kernel. kernel di android juga bisa dimodifikasi. dan tentunya akan membawa keuntungan bagi sistem operasi atau custom romnya itu sendiri. biasanya, orang mendevelop kernel itu disesuaikan dengan custom rom nya. kita tidak bisa seenaknya mengganti kernel kita dengan kernel lain yang tidak direkomendasikan oleh pembuat custom rom. di saat kita memflashing custom rom pada handset android kita, di dalam custom rom itu sendiri sebenarnya sudah tersedia kernel. dan terkadang kernel tersebut sudah dimodifikasi. namun tidak semua handset menyediakan custom kernel. ada beberapa handset, yang bootloadernya dikunci oleh perusahaan handsetnya. sehingga kita cuman dapat mengganti OSnya, tanpa dapat mengganti kernelnya. untuk DHD, bootloadernya tidak dikunci, sehingga kita bebas flashing kernel. hehe..


FLASH OS & KERNEL

Flashing os & kernel merupakan suatu cara memasukkan data sistem operasi atau menginstall sistem operasi & kernelnya di dalam handset android kita. hampir sama caranya dengan ketika kita menginstall ulang komputer. pertama kita masuk recovery mode. (recovery mode utk DHD tersedia ketika kita menyelesaikan tahap root sampai instalasi clockworkmod recovery.) setelah itu kita hapus / wipe seluruh data sistem operasi yang lama. kita hapus cache memory dari sistem operasi yang lama. jadi intinya kita melakukan full wipe. setelah itu baru kita install os baru / custom rom. Di dalam clockworkmod recovery, semuanya telah tersedia. kita tinggal menggunakan saja. instalasi osnya itu yang dimaksud sebagai flashing.jadi kalo denger-denger flashing, sebenarnya itu ya instalasi, namun dilakukan lewat recovery.

Masalah overclock 


Anda tau apa itu arti overclock?

Buuat yang blom tau, overclock itu artinya maksa prosesor untuk jalan diatas kemampuanya, yang artinya bisa terjadi hal-hal atau kesrusakan pada devicenya, jadi tolong lakukan dengan pemikiran tahu akan resikonya.

Apakah overclock itu aman?

Aman atau tidaknya ada di dalam diri kita sendiri, sampai sejauh mana kita bisa menilai titik maksimal device yang kita gunakan. Kalau kita maksa melebihi kemampuan maksimal dan terus dipaksa, akibatnya bisa kerusakan permanen di hardwarenya. Resiko dari overclock itu sendiri adalah, ketidak stabilan sistem dan kerusakan hardware ataupun software berawal dari ketidakstabilan itu.

Kok si A bisa Overclock sampe 800 dan masih stabil sementara saya cuman 700 udah ga stabil?
Buat yang biasa overclock PC, inget kan, di PC itu ada pilihan untuk naikin voltase kalo udah ga stabil, di hp skrg ada ga? jadi silahkan nilai sendiri... Dan ingat, kemampuan overclock tiap hp itu beda karena banyak faktor-faktor yang mempengaruhi, mulai dari awal produksi sendiri, OS, firmware dan pendukung lainya, kayak motherboard hp, ram yg bisa jalan di bus brapa dan lain-lain....

Kok pada galaxy gio , samsung bisa Overclock sampe 800 dan stabil?

Samsung sendiri pasti udah trial and error atau meneliti atau emang minta batch produksi khusus dari pabrik chipnya supaya dia bisa minta prosesor yg bisa aman di Overclock sampe 800 Mhz (contoh lain, inget ga jaman AMD athlon XP 1700+ dengan kode JIUHB bisa di overclock sampe stara pentium 4 3,6GHZ sementara batch lain ga bisa padahal sama2 1700+) Jadi jangan nyamain mentang-mentang samsung bisa overclock proc di gio sampe 800 maka yg lain pasti bisa, kecuali anda tau pola produksi yang sama...

Kok Overclock bisa bikin software sama hardware rusak (atau memperpendek umur hardware) ?

inget!!, overclock itu bisa bikin sistem ga stabil, mulai dari hardware sampe software, kalo hardware bakalan ada efek kenaikan suhu sama lebih boros daya, kalo software , jalur datanya bisa ga lancar... sekarang coba dipikir, kalo ketika tuh HP lagi prosesing data trus tiba-tiba restart kan softwarenya bisa rusak, atau pas lagi ngontrol hardware trus tiba-tiba restart, aplikasi penterjemah bahasa hardwarenya bisa rusak... ( sekali lagi, ini bisa terjadi kalo dipaksa jalan di atas titik maksimal)


Kok si X bisa jago overclocknya dan stabil sementara gw ga, kalo gitu mending gw suruh dia overclock HP gw donk, atau paling ga suruh dia pandu gw lewat Gtalk?


Itu karena pengalaman dan trial & error, dan hasil di HP nya dia pun ga ada jaminan 100% bakalan jalan di HP kita walaupun dengan cara dan setting yg sama ( baca pertanyaan no 3)

Jadi untuk yg mau overclock tolong pertimbangkan hal-hal diatas dulu baru Overclock, jangan mikir dengan Overclock hp jadi kenceng dan hebat, pikirin juga efek lainnya , kecuali anda emang ngerti dan punya pengalaman sendiri ( atau siap sama resikonya)

Disini maksud saya bukan ngelarang overclock, karena saya sendiri juga ngelakuin, tapi saya sendiri miris ngeliat orang-orang yang ngelakuin overclock cuman untuk ngejar clock sekenceng-kencengnya dan ujung-ujungnyanya tujuan overclock itu sendiri ga tercapai tapi masih maksa HPnya biar kenceng yang akibatnya kerusakan di software/hardware hp nya...




Ask=A, Question=Q


A= Apa kk bener pernah overclock si mini?
Q= Ia saya udah overclock si mini dan stabil di 729Mhz,mungkin bisa lebih besar dari itu..
A= Apa kk pernah mengalami kendala?
Q= pastinya pernah,wktu itu saya naro setcpu di sdcard kan harusnya di mem internal
A= terus kendala apa lagi yg pernah kk alami?
Q= mini saya pernah bootlop gk ada habisya,pas saya nyalahkan langsung mati dan begitu seterusnya,dan ternyata yg saya amati pada saat mini kita itu masuk proses boot,dia mencari prosesor terbesar yg si Mini miliki. Misalnya saya menggunakan kernel dengan max 825mhz,nah pada saat kita menyalahkan si Mini,dia akan langsung masuk ke 825mhz
A= terus bagaimana cara mengatasinya kak?
Q= pertama bisa dengan cara kita set max prosesor di 600mhz lalu ceklis set on boot pada set cpu,atau cara yg kedua yaitu memasang kernel dengan prosesor yg lebih rendah max nya yaitu 806mhz buatan om Tj_style.
A= apa ada jaminan Mini saya akan baik2 saja setelah di Overclock??
Q= tidak ada jaminan yg pasti,namun kk2 sekalian bisa mempelajari kesalahan saya pada saat overclock


Ask dan Question diatas  saya ambil dari forum kaskus. Ini ada beberapa tambahan saya tentang overclock.




Hal2 yg harus di perhatikan pada saat Overclock




  1. Kernel di sini hanya untuk Galaxy Mini FROYO,jadi klo mini kk udah gingerbread jangan harap bisa overclock pake kernel ini.
  2. Galaxy mini harus sudah di root,
  3. Jangan lupa taruh SetCpu di mem internal dan jangan di external, karena kalo tiba-tiba hp bootlop kita bisa cepat-cepat masuk ke setcpu lalu menurunkan max prosesor. 
  4. Kalo bisa setcpu di taruh di homescreen. 
  5. Anda sekalian harus tau resiko dr Overclock 
  6. Jangan lupa baca doa sebelum mengikuti tutorial di bawah ini..Selamat mencoba..:)

    ---Tutorial---

    langkah-langkah :

    1. Download filenya disini : TASS_OC.7z
    2. Extract file yg di download tadi,nah hasilnya akan seperti ini
        Image Hosted by ImageShack.us













    3. Jalanin aplikasi S5570_Odin Multi Downloader v4.38.exe
    4. Terus masukin Ops dan Pda seperti ini : Image Hosted by ImageShack.us














    5. Klik tombol OPS dan pilih file TASS_v1.0.ops
    6. Klik tombol PDA dan pilih file CODE_S5570DXKA8_REV02_OC.tar.md5Nyalain Lil'G ke Download Mode (Center key + Vol Down key + Power key)
    7. Saat udah kedetect di Odin, klik tombol Start seperti gambar di atas
    8. Tunggu sampai prosesnya selesai,nah kalo udah selesai abis itu install setcpu
    9. Atur max prosesornya lebih baik jangan terlalu tinggi,bertahap aja



    Note : 
    untuk beberapa hp,ada yg tidak bisa di overclock,kok gtu?ia berarti kk dpet galaxy mini yg limited edition..:D



    kalo anda mau download kernel dengan prosesor lebih rendah yaitu max 806mhz download disini :CODE_S5570_KRNL_OC.tar.md5. caranya sama seperti diatas,namun kalo mau pake kernel ini pada proses nomor 6 pilih CODE_S5570_KRNL_OC.tar.md5 yang kernelnya lebih rendah. Terserah anda mau pake kernel yang mana.

    Untuk balik ke Stock kernel, caranya sama seperti di atas, cuma pilih file CODE_S5570DXKA8_REV02.tar.md5 untuk PDA. 



    selamat mencoba..:)

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar